perhitungan dalam pengukuran theodolit | GERSANG TAPI DAMAI
Breaking News
Loading...

Rabu, 02 Maret 2016

perhitungan dalam pengukuran theodolit

Untuk menentukan suatu arah yang dinyatakan oleh garis lurus yang menghubungkan titik T1 ( X1 ; Y1 ) dengan titik T2 ( X2 ; Y2 ). Sudut jurusan dihitung searah dengan arah perputaran jarum jam serta diakhiri pada jurusan garis yang bersangkutan. Sudut jurusan dan jarak antara dua buah titik tertentu dapat diketehui diketahui titik T1 ( X1 ; Y1 ) dengan titik T2 ( X2 ; Y2 ) maka sudut jurusan ditentukan sebagai berikut :
tg 1,2 = X2-X1/Y2-Y1
Untuk menghitung koordinat titik 1 diperlukan salah satu titik yang diketahui misalnya :
Diketahui titik T1 ( X1 ; Y1 ), hubungkan T1 dan T2 atau dengan titik lainnya yang dicari koordinatnya, maka :  X2 = X1-D1-2 sin ά1-2
Dan untuk sumbu Y          :     Y2 = Y1-D1-2 cos ά1-2 dan seterusnya.
Dalam hal ini haruslah diketahui jarak kedua titik serta sudut jurusannya.
            Sebelum kita menghitung titik koordinat lebih dahulu kita harus menentukan besar sudut azimuth ke masing-masing titik yang ditinjau. Begitu pula dengan hal perhitungan jarak dari titik satu ke titik lainnya.
            Dengan mengetahui bacaan benang bawah dan benang atas melalui pengukuran di lapangan, kita dapat mengetahui jaraknya dengan rumus sebagai berikut :
              D = ( BA-BB ) x 100
Dimana, D      = jarak
              Ba     = Benang atas
              Bb                 = Benang bawah
             
Jadi penentuan koordinat suatu titik adalah mencari dengan cara tertentu jarak antara titik tersebut dengan titik yang diketahui dan sudut jurusan garis yang menghubungkan kedua titik tersebut.






























google+

linkedin

About Author
  • Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio sem nec elit. Sed posuere consecteturDonec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio sem nec elit. Read More

    0 komentar:

    POST A COMMENT

     

    Gallery

    About Us